Hasil Piala Asia U-23 2024: Irak dan Tajikistan Menang, Thailand Gagal ke Perempat Final

By | April 22, 2024

Media.Rupiah – Tim sepak bola U-23 Thailand dikalahkan oleh Tajikistan U-23, gagal masuk ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Di sisi lain, Irak U-23 mengalahkan Arab Saudi U-23 pada Senin (22/4/2024) malam WIB.

Thailand U-23 sebelumnya berada di posisi yang buruk; mereka menempati posisi ketiga pada hari kedua pertandingan dengan mengumpulkan tiga poin.

Mereka membutuhkan hasil imbang lawan Tajikistan jika Irak tidak bisa mengalahkan Arab Saudi di hari ketiga pertandingan. Namun, mereka harus menang atas Tajikistan jika mereka ingin aman.

Sementara Irak menang atas Arab Saudi, Thailand akan lolos ke perempat final karena mereka unggul dalam catatan head-to-head karena mereka mengalahkan Irak di pertandingan pertama.

Namun, pada hari ketiga pertandingan, Thailand kalah dari Tajikistan, sementara Irak mengalahkan Arab Saudi.

Sementara itu, upaya Tajikistan untuk mengalahkan Thailand gagal, Irak melenggang ke perempat final bersama Arab Saudi.

Pertandingan Tajikistan U-23 melawan Thailand U-23

Sejak menit pertama, Tajikistan U-23 tampil agresif dan menekan pertahanan Thailand U-23.

Mereka mengancam pertahanan Thailand, tetapi tidak bisa mencetak gol.

Salah satunya adalah tembakan Mekhron Madaminov pada menit ke-34, yang masih bisa diantisipasi kiper Thailand. Selain itu, pada menit ke-40, tembakan keras Manuchekhr Safarov melebar tipis ke samping kiri gawang.

Di babak kedua, tim U-23 Thailand bisa meladeni Tajikistan. Tembakan yang dilakukan Settasit Suvannaseat di dalam kotak penalti dapat memberikan peluang yang signifikan. Namun, kiper masih dapat menepis bola.

Pada menit kesembilan puluh, gol akhirnya tercipta. Bola umpan disundul oleh Manuchekhr Safarov dari sayap kiri. Tajikistan mengalahkan Thailand dengan skor 1-0.

U-23 Arab Saudi melawan U-23 Irak

Laga ini dimulai dengan Arab Saudi U-23 menghancurkan Irak U-23. Mereka mencetak gol melalui tembakan Ahmad Al Ghamdi pada menit ke-9. Namun, setelah dicek melalui VAR, gol itu tidak divalidasi karena offside.

Setelah itu, Arab Saudi dan Irak melakukan perdagangan serangan. Dalam menit ke-44, VAR melakukan tindakan.

Setelah Mohammed Al Absi melakukan pelanggaran di kotak terlarang, mereka memberikan hadiah penalti kepada Irak. Pada menit 45+1, Ali Jasim menjebol gawang Arab Saudi dari titik penalti.

Namun skor itu tidak bertahan lama. Pada menit 45+6, VAR kembali beraksi dan memberikan penalti kepada Arrab Saudi setelah Mustafa Saadoun melakukan pelanggaran. Pada menit 45+10, Ahmed Al Ghamdi melakukan eksekusi dengan sempurna. Sampai turun minum, skor tetap 1-1.

Arab Saudi U-23 berusaha menyerang Irak U-23 di babak kedua. Beberapa serangan dibuat oleh mereka.

Namun, malah Irak U-23 berhasil mencetak gol pertama. Memasuki menit ke-63, Mustafa Saadoun mencetak gol ke gawang Arab Saudi. Bola sapuan yang dilepaskan oleh lawan mengenai tubuhnya dan masuk ke kotak penalti. 1–2!

U-23 Arab Saudi kemudian menghancurkan pertahanan U-23 Irak. Namun, mereka gagal mencetak gol sampai pertandingan berakhir dengan skor 1-2.

Pemain Thailand U-23 melawan Tajikistan U-23

Thailand U-23 terdiri dari Thirawooth Sruanson, Kritsada Nontharat, Songwut Kraikruan, Chonnapat Buaphan, Natcha Promsomboon, Warinthon Jamnongwat, Erawan Garnier, Waris Choolthong, Sittha Boonlha, Guntapon Keereeleang, Chudit Wanpraphao, dan seorang pemain berusia 23 tahun.

Instruktor: Issara Sritaro

Timnas Tajikistan U-23 terdiri dari Safarmad Gafforov, Fakhriddin Akhtamov, Mekhrubon Karimov, Rahmatshoh Rahmatzoda, Manuchekhr Safarov, Alisher Shukurov, Shuhrat Elmurodov, Amadoni Kamolov, Ruslan Khayloev, Abdullo Sharipov, dan Mehron Madaminov.

Instruktor: Mubin Ergashev

Susunan Pemain U-23 Arab Saudi versus U-23 Irak

Squad U-23 Arab Saudi terdiri dari Mohammed Al Absi, Muhammad Al Dossary, Meshal Al-Sebyani, Rayane Hamidou, Saad Fahad Al Nasser, Faisel Al-Ghamdi, Awad Al Nashri, Haitham Asiri, Ayman Yahya, Ahmed Al-Ghamdi, Abdullah Radif, dan Ahmed Al-Ghamdi, yang juga bermain di posisi nomor satu.

Instruktor: Saad Al-Shehri

U-23 Irak terdiri dari Hussein Hasan, Ahmed Hasan Maknazi Al Reeshawee, Josef Baiz Abdulhameed Al Imam, Zaid Tahseen, Mustafa Saadoun, Muntadher Mohammed Jebur Maslookhi, Hussein Amer Ojaimi Al Rikabi, Nihad Mohammed Owaid Watifi, Karrar Mohammed Hussein Ali, Ali Jasim, Amin Al-Hamawi, dan Amin Al-Hamawi, semuanya dari Irak.

Instruktor: Radhi Shenaishil