Kisah Pantang Menyerah Andriy Lunin di Real Madrid: Jadi Kiper Ketiga Sebelum Dipinjamkan, Kini Jadi Pahlawan

By | April 21, 2024

Media.Rupiah – Andriy Lunin menjadi pahlawan tim Real Madrid saat menyingkirkan Manchester City di perempat final Liga Champions.

Kamis (18/4/2024) dini hari WIB, Real Madrid menyingkirkan Manchester City dalam leg kedua perempat final Liga Champions 2023/2024 melalui adu penalti 4-3.

Setelah bermain imbang 3-3 di leg pertama, Real Madrid langsung bermain agresif. Los Blancos kemudian unggul cepat berkat gol Rodrygo dalam 12 menit pertandingan.

Real Madrid mencoba bermain lebih defensif, tetapi pertahanan mereka juga jebol di menit ke-76. Gol Kevin De Bruyne memungkinkan Man City menyamakan skor.

Dengan skor 1-1 dan total 4-4, pertandingan harus dilanjutkan ke babak ekstra time. Tidak ada gol selama 2 x 15 menit, jadi adu penalti diperlukan untuk menentukan pemenang.

Sebenarnya, Real Madrid memulai babak adu penalti dengan kurang meyakinkan setelah eksekusi Luka Modric bisa dimentahkan Ederson. Namun, setelah itu, keadaan menjadi lebih baik bagi tim tamu.

Andy Lunin berhasil menggagalkan eksekusi dua pemain City, Bernardo Silva dan Mateo Kovacic. Real Madrid memenangi adu penalti dengan skor 4-3.

Kesenangan Andriy Lunin

Seusai pertandingan, Lunin tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Kini, kiper berusia 25 tahun itu merasa perjuangannya selama ini terbayar.

Menurut Fabrizio Romano, Lunin berkata, “Saya orang paling berbahagia di dunia.”

Selain itu, dia menyatakan, “Kerja keras telah terbayar lunas. Meskipun saya lelah, saya senang dapat membantu Real Madrid karena tim mereka luar biasa.

Karier awal Andriy Lunin di Real Madrid

Setelah mengalami masa sulit di Real Madrid yang membuatnya harus tetap sabar, Lunin memang pantas mengatakan bahwa perjuangannya kini terbayar lunas.

Untuk kembali ke masa lalu, Lunin dikontrak oleh Real Madrid pada tahun 2018 dari klub Ukraina Zorya Luhansk dengan biaya transfer 8,5 juta euro, ditambah biaya tambahan 5 juta euro.

Tetapi Lunin hanya bermain tujuh kali di semua kompetisi ketika Real Madrid langsung “menyekolahkan”nya ke Leganes pada Agustus 2018.

Lunin harus kembali membayar pinjaman musim berikutnya, kali ini ia “disekolahkan” ke Valladolid. Namun, kontrak peminjamannya diputus hanya setelah setengah musim, dan ia pindah ke Oviedo.

Semangat Andriy Lunin untuk Tidak Menyerah

Baru sejak musim 2020/2021, Lunin telah dimasukkan ke dalam skuad inti Real Madrid, tetapi pada saat itu ia hanya menjadi kiper kedua tim Los Blancos di belakang Thibaut Courtois.

Bahkan, meskipun Courtois cedera panjang, Lunin tidak langsung menjadi kiper utama Real Madrid di musim 2023/2024 karena Real memilih meminjam Kepa Arrizabalaga dari Chelsea.

Beruntung, Kepa kemudian melakukan hal-hal yang tidak memuaskan, dan Carlo Ancelotti akhirnya memilih Lunin. Ini adalah kepercayaan Carletto yang kini Lunin tidak bisa sia-siakan.

Keberanian Andriy Lunin

Dalam laga leg pertama babak 16 besar melawan RB Leipzig pada Februari 2024 lalu, Lunin melakukan sembilan penyelamatan, menyamai rekor saves terbanyak Courtois di Liga Champions.

Di babak perempat final, kisah kepahlawanan Lunin terulang lagi. Dia melakukan penyelamatan delapan kali di markas Man City untuk membawa timnya memaksakan adu penalti.

Dengan membendung dua tendangan penalti pemain City, Lunin tampil heroik. Saat penalti Bernardo Silva digagalkan, Lunin tidak terpengaruh dengan trik musuh dan memilih tetap diam untuk menangkap bola dengan mudah.

Setelah itu, saat Kovacic melakukan eksekusi berikutnya, Lunin terbang ke sisi kiri dan mampu menepis tembakan lawan.

Hasil Leg 2 “8 Besar Liga Champions”

Rabu, tanggal 17 April 2024

  • Borussia Dortmund mengalahkan Atletico Madrid 4-2 pada menit 02:00 WIB melalui gol Brandt 34 menit, Maatsen 39 menit, Fullkrug 71 menit, Sabitzer 74 menit; Hummels 49 menit (GBD), Correa 64 menit membuat skor akhir 5-4.
  • 02:00 WIB – Barcelona 1-4 PSG (Raphinha 12′; Dembele 40′, Vitinha 54′, Mbappe 61′ (P), 89′) Agg. 4-6

Kamis, tanggal 18 April 2024

  • 02:00 WIB – Bayern Munchen 1-0 Arsenal (Kimmich 63′) Agg. 3-2
  • 02:00 WIB: Manchester City 1-1 Real Madrid (De Bruyne 76′; Rodrygo 12′) Akhirnya skor menjadi 4-4 (3-4 pen.)